Hasil studi menunjukkan bagaimana kecemasan memengaruhi kreativitas

DKI Jakarta – Hasil studi yang dimaksud dipublikasikan dalam The Journal of Creative Behavior menunjukkan bagaimana kecemasan memengaruhi kreativitas dan juga pertukaran mengejutkan antara keduanya.
Menurut siaran Hindustan Times pada Mingguan (9/2), pada studi itu para peneliti melakukan uji coba pada 647 partisipan untuk memahami bagaimana kecemasan memengaruhi kreativitas.
Para partisipan studi dibagi berubah menjadi dua kelompok berdasarkan tingkat kecemasannya juga diminta memberikan ide tentang cara mengakumulasi banyak besar uang secara cepat di skenario keuangan dunia nyata.
Di samping itu, merek diminta membayangkan bagaimana kencan pertama dapat berlangsung.
Satu kelompok diminta memikirkan semua cara yang dapat memproduksi kencan berjalan baik dan juga kelompok yang digunakan lain diminta membayangkan semua cara yang mana dapat menyebabkan kencan berjalan buruk.
Para peneliti mengukur total ide dari para partisipan serta seberapa unik atau kreatif ide-ide tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan, dia yang mana merasa cemas memunculkan lebih lanjut banyak ide, teristimewa di skenario negatif. Namun, ide-ide yang digunakan disampaikan repetitif dan juga kurang orisinal.
Di sisi lain, merekan yang tersebut bukan terlalu cemas memunculkan tambahan sedikit ide, tetapi ide-ide mereka unik serta lebih tinggi inovatif.
Para kontestan memunculkan lebih banyak sedikit ide pada waktu mengerjakan tugas keuangan untuk menguji kreativitas di situasi praktis lalu nyata dibandingkan pada waktu mengerjakan tugas tentang kencan pertama.
Dalam pengerjaan tugas keuangan, ide-ide mereka dinilai berdasarkan kepraktisan, orientasi pada tujuan, juga moralitas untuk menyoroti jenis kreativitas yang mana berfokus pada pemecahan permasalahan daripada imajinasi.
Tugas kencan lalu tugas keuangan dirancang untuk membandingkan dua kreativitas yang tersebut berbeda, kreativitas hipotetis kemudian kreativitas praktis.
Dalam skenario hipotetis seperti yang digunakan dihadirkan di tugas tentang kencan, orang-orang yang digunakan cemas memunculkan sejumlah ide, tetapi ide-ide yang disampaikan repetitif.
Dalam skenario praktis sebagaimana yang digunakan dihadirkan di tugas keuangan, partisipan yang cemas memunculkan lebih lanjut sedikit ide, tetapi dia fokus pada kepraktisan lalu tanggung jawab moral.
Kecemasan memang sebenarnya dapat memulai sejumlah ide, tetapi menurut hasil penelitian ini orisinalitas meningkat subur pada situasi emosional yang digunakan positif.
Pola pikir positif dinilai penting untuk menghasilkan kembali ide-ide segar juga inovatif oleh sebab itu memungkinkan hadirnya pemikiran yang dimaksud tambahan luas serta fleksibel.
Artikel ini disadur dari Hasil studi menunjukkan bagaimana kecemasan memengaruhi kreativitas